Defenisi
Sebelum kita mengenali 5 hal seperti yang ada pada judul, terlebih dahulu kita flash back sejenak untuk mengingat apa itu atribut. Atribut adalah keadaan yang dimiliki oleh objek. Sedangkan method adalah apa – apa yang menurut subjek harus dapat dilakukan objek. Method yang dimiliki objek berkelas mobil dapat berupa cara menghidupkan mesin dan cara mengoper persneling.
Baiklah disini saya akan mencoba menjelaskan nya satu per satu dengan cara sederhana :
- CLASS
{modifier1} class Namakelas [modifier2] {
Class body;}
- METHOD
[modifier1] tipe NilaiKembalian namaMethod (parameter input) {
Method body;
}
- CONSTRUCTOR
- MODIFIER
Modifier adalah sifat yang dimiliki oleh setiap
atribut, method maupun kelas dalam Java . Modifier akses adalah modifier yang
selalu digunakan, modifier akses terdiri dari private, default, protected, dan
public.
Beberapa modifier penting lainnya :
Static yaitu
modifier yang digunakan agar suatu atribut maupun method dapat diakses
oleh
Objek atau kelas meski tanpa dilakukan instansi terhadap
kelas dimana atribut maupun method itu berada, method main adalah salah satu
contoh method modifier static yang sering digunakan.
Final yaitu
modifier yang digunakan untuk mencegah kemungkinan modofikasi terhadap atribut
Maupun method, dengan modifier ini suatu atribut akan
berlaku sebagai konstanata.
- OBJEK
Objek dibuat dengan cara menuliskan :
1. NamaKelas
NamaObjek = new NamaConstructor();
2. NamaKels NamaObjek;
NamaObjek = new NamaConstructor();
MEMBUAT PROGRAM
MainDisket.java
Sekarang kita mencoba untuk membuat contoh sederhana dari Method, Class, Constructor, Modifier dan Object
Sekarang kita mencoba untuk membuat contoh sederhana dari Method, Class, Constructor, Modifier dan Object
Pertama kita akan membuat class disket yang nantinya kita gunaka sebagai Constructor pada class MainDisk.
Public class Disket {Int panjang = 10;Ø Atribut
Final int LEBAR = 10; Ø Atribut
String warna = “kuning”; Ø Atribut
String bentuk = “segiempat”; Ø Atribut
String data = “ “; Ø Atribut
Void simpanData (String data1) { Ø Method
This.data += data1;} Void hapusData() { Ø Method
data = “ “;} String bacaData()
{ Method
Return data;}
Public class Disket {Int panjang = 10;Ø Atribut
Final int LEBAR = 10; Ø Atribut
String warna = “kuning”; Ø Atribut
String bentuk = “segiempat”; Ø Atribut
String data = “ “; Ø Atribut
Void simpanData (String data1) { Ø Method
This.data += data1;}
data = “ “;}
Return data;}
Keterangan :
· Void
simpanData (String data1) merupakan Method karena mempunyai tutup kurung
dan buka kurung
· Void
hapusData()merupakan Method karena mempunyai tutup kurung dan buka
kurung
Catatan : Mengingat code diatas tidak memiliki fungsi utama yaitu void main maka ketika code diatas dijalankan tidak terjadi apa-apa hanya muncul Notif ( abaikan saja ) karena class disket akan di jadikan constructor pada class MainDisk
Kedua membuat satu class lagi pada lembar yang lain dengan nama class nya adalah class MainDisket.
Class MainDisket {Public static void main (string [] args) { FUNGSI UTAMA
Disket disk1 = new Disket () ;
System.out.println(“Panjang disket = “+ disk1.panjang) ;
System.out.println(“Lebar disket = “+ disk1.LEBAR) ;
System.out.println(“Warna disket = “+ disk1.warna) ;
System.out.println(“Bentuk disket = “+ disk1.bentuk) ;
System.out.println(“data mula – mula = “+ disk1.bacaData()) ;
Disk1.simpanData (“Belajar java”) ;System.out.println(“Setelah SimpanData =“+ disk1.bacaData());Disk1.hapusData() ;
System.out.println(“Setelah hapusData = “+ disk1.bacaData()) ;
}
}
Class MainDisket {Public static void main (string [] args) { FUNGSI UTAMA
Disket disk1 = new Disket () ;
System.out.println(“Panjang disket = “+ disk1.panjang) ;
System.out.println(“Lebar disket = “+ disk1.LEBAR) ;
System.out.println(“Warna disket = “+ disk1.warna) ;
System.out.println(“Bentuk disket = “+ disk1.bentuk) ;
System.out.println(“data mula – mula = “+ disk1.bacaData()) ;
Disk1.simpanData (“Belajar java”) ;System.out.println(“Setelah SimpanData =“+ disk1.bacaData());Disk1.hapusData() ;
System.out.println(“Setelah hapusData = “+ disk1.bacaData()) ;
}
}
Keterangan :
- System.out.println (“Panjang disket = “+ disk1.panjang); artinya kita memanggil panjang pada atribut objek pada disk1 dari kelas disket
- System.out.println (“Lebar disket = “+ disk1.LEBAR) ; artinya kita memanggil lebar pada atribut objek pada disk1 dari kelas disket
- System.out.println (“Warna disket = “+ disk1.warna) ; artinya kita memanggil warna pada atribut objek pada disk1 dari kelas disket
- System.out.println (“Bentuk disket = “+ disk1.bentuk) ; artinya kita memanggil bentuk pada atribut objek pada disk1 dari kelas disket
- System.out.println (“data mula - mula = “+ disk1.bacaData()) ; yang isinya adalah return data diambil dari kelas disket yang berisi spasi kosong
- Disk1.simpanData(“Belajar java”); yand isi this.data diambil dari kelas disket + yang artinya tambah satu spasi Belajar java
Mengimplementasikan
konstruktor pada class Disket
Disket () {
Panjang = 100;}Disket (int panjang1) {
This.panjang = panjang1;}
Disket () {
Panjang = 100;}Disket (int panjang1) {
This.panjang = panjang1;}
Keterangan :
Ditambah pada kelas Disket yang panjang menjadi 100
Ubah
cource pada MainDisket.java
Disket disk1 = new Disket (50) ;
Keterangan :
New Disket pada MainDisket tadi spasi kosong sekarang
menjadi 50
Berikut hasil Akhirnya sebelum ada perubahan.
Berikut hasil Akhirnya sebelum ada perubahan.
gan ane lagi cari method
ReplyDelete1. getItem()
2. getItemSelectable()
3. getStateChange()
4. paramString()
mohon bantunya,,,,,[]
setyaamanbudi@gmail.com
thanks
ReplyDeleteSalam kenal!!
ReplyDeleteBlogwalking Gan!! :D :D
www.inisukabumi.com